Senin, 23 Mei 2011

Diduga serpihan pesawat adam air ditemukan daerah sulawesi tenggara...

BAUBAU- Seorang nelayan menemukan benda diduga kuat bangkai pesawat Adam Air yang hilang di perairan Sulawesi pada 2007 silam.

La Ode Riadi, warga Desa Katambe, Kecamatan Siompu, Baubau, Sulawesi Tenggara, Sabtu (7/5/2011) mengatakan, dia menemukan benda berukuran 4 x 2 meter itu di perairan Kepulauan Siompu sekira 36 kilometer dari daratan.

Pesawat jenis Boeing 737 itu jatuh di wilayah barat Pulau Sulawesi pada 1 Januari 2007 dan menewaskan setidaknya 90 orang. Pesawat yang lepas landas dari Surabaya itu mengangkasa dalam cuaca buruk saat hilang di atas pegunungan 90 kilometer dari Kota Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Riadi sebenarnya telah menemukan benda ini sejak 12 April lalu, namun baru diketahui setelah warga lainnya menduga bahwa benda itu adalah serpihan pesawat.

Warga lain sempat melarang Riadi menjual karena benda tersebut bukan besi murni dan tidak laku jika dijual, pasalnya benda terbuat dari bahan platinum.

Selain itu juga ditemukan benda yang melekat di potongan platinum seperti alat elektronik dengan kabel-kabel penghubung.

Dia sempat mengira benda itu adalah ikan hiu. Namun karena penasaran dia mendekati benda itu. Saat itu dia mengaku sama sekali tidak terpikir benda itu pecahan dari pesawat Adam Air. Karena itu dia menjualnya ke penadah barang bekas. Benar saja, benda tersebut tidak laku dijual karena dari bahan platinum.

Ciri-ciri benda tersebut bercat orange serta melengkung. Diduga kuat ini adalah bagian penutup bawah ekor pesawat. Selain itu, ada bekas patahan dengan tanda seperti terbakar api.

Riadi mengungkapkan benda itu ditemukan saat dirinya sedang memancing. Di pertengahan laut tepat di Kepulauan Siompu dia melihat benda terapung di permukaan laut.

Untuk menarik benda tersebut ke darat, Riadi mengaku membutuhkan waktu sampai 12 jam, yakni sejak Kamis 12 April sekira pukul 09.00 Wita hingga pukul 22.00 Wita.

Sementara itu salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Siompu, La Ode Abdul Manan meyakini benda tersebut adalah serpihan pesawat Adam Air.

Pasalnya, benda tersebut memiliki ciri-ciri patahan yang terbakar dan berwarna orange mirip pesawat Adam Air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar